Revitalisasi Lagu Dolanan Anak dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Sutji Hartiningsih(1*),

(1) Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga,Jalan Dharmawangsa Dalam Selatan Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan lagu dolanan anak, (2) menjelaskan arti dan makna dari setiap kata yang terkandung pada lagu dolanan Jawa, (3) menjelaskan nilai kearifan lokal dalam lagu dolanan yang patut direvitalisasikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian ini juga memakai metode pembacaan heuristic dan hermeneutic melalui pemaknaan lirik lagu dolanan anak yang dapat membentuk karakter anak pada usia dini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membangkitkan dan melestarikan kembali lagu dolanan anak tradisional, Demikian juga lagu dolanan ini sarat dengan pendidikan moral dan sosial. Oleh karena itu lagu dolanan anak ini sangat penting untuk dikenalkan pada anak usia dini. Melalui lagu dolanan anak, dapat dibentuk karakter yang seutuhnya, serta dalam lirik lagu dolanan menyiratkan makna kebersamaan, tanggung jawab dan nilai-nilai sosial

Abstract:
This research aims to (1) describe about lagu dolanan anak, (2) explain about the meaning of every word in Javanese lagu dolanan anak, (3) explain about the local value of lagu dolanan anak which required to be revitalized. This research uses a descriptive qualitative method which describes systematically, factual and accurate in every fact, character and the relation of the phenomena being studied. This research also uses heuristic and hermeneutic reading method in giving meaning to the lyrics of lagu dolanan anak which can build young learners’ characters. The research result is expected to arouse and maintain lagu dolanan anak, the researcher describes the form of lagu dolanan anak which appropriate to the young learners can be seen from education value. Likewise, lagu dolanan anak contains moral and social education. Therefore lagu dolanan anak is important to be introduced to the young learners. Using this lagu dolanan anak, the character can be built completely, and in the lyrics represent togetherness meaning, responsibility and social values.

Key Words: revitalization; song; game; character; children

Keywords


revitalisasi; lagu; dolanan; karakter; anak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24257/atavisme.v18i2.119.247-259

Article metrics

Abstract views : 527 | views : 1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ATAVISME INDEXED BY:

   

ATAVISME is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Visit Number:

View My Stats